Minggu, 14 Februari 2010

RPP SKI KELAS V MI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester : V A / 2 (dua)

Alokasi Waktu : 2 x 35 (menit)

Standar Kompetensi : Mengenal peristiwa Fathu Makkah

I. Kompetensi Dasar

Mengambil ibrah dari peristiwa Fathu Makkah

II. Indikator

Menjelaskan haji wadak

III. Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa dapat menjelaskan kembali tentang haji wadak

IV. Materi Ajar

Haji wadak

V. Metode Belajar

ceramah, dan tanya jawab

VI. Sumber Belajar

  1. Buku ajar, ski kelas V MI

VII. Langkah-Langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal (Apersepsi)

  1. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
  2. Guru memperkenalkan diri dan mengenal siswa-siswanya (khusus pertemuan ke-1).
  3. Guru memulai dengan mendiskusikan peraturan-peraturan yang akan disepakati.
  4. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
  5. Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan (pertemuan ke-1).
  6. Guru menanyakan secara sekilas kepada siswa pelajaran yang su-dah dipelajari pada pertemuan sebelumnya (pertemuan ke-2).

B. Kegiatan Inti

  1. Guru memberikan penjelasan tentang Perang Mu’tah, sebab-sebab Fatpu Makkah, penaklukan Kota Mekah, Perang Hunain, Perang Tabuk, tahun perutusan, dan haji wadak. Jika tersedia, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti peta Jazirah Arab.
  2. Guru memberikan penjelasan perihal Perang Mu’tah, sebab-sebab Fatpu Makkah, penaklukan Kota Mekah, Perang Hunain, Perang Tabuk, tahun perutusan, dan haji wadak dan hikmah yang terkandung di dalamnya.
  3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas. RPP Bingkai SKI MI 3 R1
  4. Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan.
  5. Guru meminta siswa untuk menjelaskan Perang Mu’tah, sebab-se-bab Fatpu Makkah, penaklukan Kota Mekah, Perang Hunain, Pe-rang Tabuk, tahun perutusan, dan haji wadak, di depan kelas secara bergiliran kepada beberapa siswa yang ditunjuk.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)

  1. Siswa membuat kesimpulan tentang Perang Perang Mu’tah, sebab-sebab Fatpu Makkah, penaklukan Kota Mekah, Perang Hunain, Perang Tabuk, tahun perutusan, dan haji wadak, serta hikmah yang terkandung di dalam setiap peristiwa itu.
  2. Guru meminta siswa mengulang materi pelajaran yang baru diberi-kan di rumah masing-masing.
  3. Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa ber-sama-sama.

VIII. Penilaian

A. Tes Lisan

Siswa diminta menjelaskan Perang Mu’tah, sebab-sebab Fatpu Mak-

kah, penaklukan Kota Mekah, Perang Hunain, Perang Tabuk, tahun

perutusan, dan haji wadak hikmahnya dengan benar.

B. Tes Tertulis

Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan

siswa. Soal dapat berupa essay atau penulisan opini.

C. Tes Perbuatan

Siswa diminta menunjukkan dengan peta Mu’tah, Hunain, dan Tabuk dengan benar.

2 komentar:

  1. Anodizing Titanium Dining Tools - TiG
    For 출장마사지 more information on anodizing titanium titanium ring products contact TiG today to get information titanium pipes on how to maximize aftershokz titanium your online gaming budget and to help you titanium welder build

    BalasHapus